Monday, January 9, 2023

Cara Mengatasi Laptop Lemot tanpa Ribet dan Cepat

Bagi sebagai orang, laptop merupakan perangkat wajib untuk beraktivitas sehari-hari, baik untuk belajar, bekerja, atau sekadar sebagai hiburan. Maka dari itu, ketika laptop menjadi lemot, aktivitasmu akan terganggu dan produktivitasmu juga turut terhambat. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan laptopmu menjadi lemot, mulai dari masalah hardisk, RAM, bahkan virus. Namun, tak usah khawatir! Pada artikel kali ini akan dibahas cara mengatasi laptop lemot tanpa ribet dan cepat. Jadi, langsung saja simak pembahasannya berikut ini! Mengapa laptop menjadi lemot? Sebelum membahas cara mengatasinya, ada baiknya jika kamu mengetahui apa saja yang menyebabkan laptop menjadi lemot. Ada berbagai faktor penyebab laptop lemot, di antaranya sebagai berikut. Hardisk penuh. Sistem operasi, baik itu Windows atau Mac, membutuhkan hardisk sebagai tempat penyimpanan temporary files, swap files, fragmentation, dan lainnya. Ketika kapasitas yang dibutuhkan sistem operasi tersebut penuh, maka kinerja laptop menjadi lambat. Kapasitas RAM kecil. Kinerja laptop menjadi lemot ketika kamu melakukan aktivitas yang berat seperti membuka banyak aplikasi atau membuka banyak tab web browser di waktu bersamaan, sementara kapasitas RAM laptopmu kecil.

Biasanya, kalian akan menemukan bahwa central processing unit (CPU) atau graphics processing unit (GPU) paling panas. Laptop dengan grafik internal mungkin tidak menampilkan suhu GPU yang terpisah. Apa Yang Menyebabkan Laptop Overheat? Salah satu penyebab terjadinya overheat pada laptop adalah karena pendinginan yang tidak memadai. Kemungkinan lainnya penyebabnya termasuk lubang pembuangan udara dan kipas yang tersumbat, atau thermal paste yang sudah kering. Kalian dapat memperbaiki sendiri semua masalah ini, meskipun ada beberapa pekerjaan yang sedikit lebih sulit untuk dikerjakan. Tetapi jika kalian memerlukan perbaikan cepat dan tidak memiliki keterampilan untuk melepas CPU atau GPU untuk menerapkan thermal paste baru, kalian bisa men yewa jasa service komputer untuk menghindari hal yang tidak di inginkan. Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Overheat? Hal pertama dan terpenting yang perlu kalian lakukan saat laptop overheat adalah membersihkan kipas yang menyediakan pendinginan ke CPU dan graphics card. Karena semakin lama usia laptop, semakin banyak pula debu dan kotoran yang masuk dan menghalangi aliran udara. Konsultasikan laptop kalian untuk mengetahui bagaimana kalian dapat membuka laptop untuk membersihkan bagian-bagian ini.

Lalu, pilih tab start up. Setelah itu, matikan beberapa program start up yang menggunakan banyak RAM. Jika laptopmu lemot karena RAM yang berkapasitas kecil, maka kamu bisa menambah kapasitas RAM yang kamu miliki. Cara mengatasinya bisa dengan menambah kapasitas RAM. Walau begitu, jangan asal meng-upgrade ukuran RAM begitu saja. Kamu juga harus memerhatikan spesifikasi dan kapasitas maksimal RAM yang dapat diterapkan pada laptop. Laptopmu lemot karena faktor hard disk? Langkah awal ya ng dapat kamu lakukan adalah melakukan proses defrag untuk membuat performanya kembali segar. Namun, jika sayangnya masih kurang ampuh, kamu bisa mengganti HDD tersebut ke HDD versi paling baru atau juga bisa menggunakan SSD (Solid State Drive). Dengan begitu, performa laptop akan menjadi lebih responsif dan cepat. Jika penyebab laptop lemot karena browser yang terlalu berat, usahakan untuk tidak membuka terlalu banyak tab ketika kamu sedang menggunakan browser. Tutup tab yang sudah tidak penting agar kamu bisa tetap internetan dengan lancar. Apabila laptop lemot disebabkan oleh banyaknya add-ons, maka kamu perlu menghapus add-ons yang tidak terlalu penting dan tidak terlalu kamu butuhkan. Sehingga, kinerja laptop dapat ditingkatkan. Untuk mengatasi laptop yang panas dan lemot, kamu bisa menggunakan aksesori tambahan seperti cooling pad. Dengan begitu, suhu laptop dapat tetap terjaga. Pasalnya, laptop yang terlalu panas juga bisa menyebabkan performanya menjadi lelet. Itu dia ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi laptop lemot yang perlu kamu tahu. Ingin tahu tips lain mengenai teknologi? Terus baca berita terbaru dari Gamelab ya! Selain itu, kamu juga bisa optimasi skill digital agar siap kerja melalui berbagai program unggulan Gamelab yang diampu oleh para profesional di bidangnya. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut ya!

Namun, untuk memungkinkan hal ini terjadi, sistem Anda harus mengalokasikan sumber daya untuk mengakses foto, mengubah latar belakang desktop, dan memuat screen saver. Aktivitas ini dapat memperlambat sistem. Desktop & Screen Saver, klik tab Desktop dan hapus centang pada opsi Change picture. Kemudian, klik tab Screen Saver, klik menu drop-down di sebelah Start after, dan pilih Never. Terdapat beberapa cara mengatasi laptop lemot agar hal tersebut tidak terulang lagi. Misalnya, mengurangi atau uninstall penggunaan persangkat lunak yang tidak perlu, agar kinerja sumber daya sistem tetap terjaga. Menghentikan program yang berj alan otomatis saat melakukan startup dapat membuat laptop lemot. Misalnya adalah aplikasi antivirus. Stop penggunaan otomatis dan gunakan saat memang benar-benar membutuhkan program tersebut. Banyak yang bilang bahwa mengupdate perangkat lunak adalah ide yang bagus untuk keamanan. Ini benar dan juga dapat menjadi salah satu tips mengatasi laptop lemot. Sistem operasi Windows akan secara otomatis mengirimi pemberitahuan ketika update tersedia. Pastikan kalian tidak terus menundanya.

Cara ini bisa diterapkan apabila terdapat kemungkinan bahwa laptop terkena malware dan semacamnya. Sebab tak hanya dapat merusak perangkat, namun membuat laptop menjadi lemot. Dengan menggunakan software anti virus maka setiap ada virus yang masuk akan langsung terlihat dan dihapus. Namun pengguna juga perlu mengeceknya secara rutin dan mengupdate setiap ada versi terbaru. Agar performa aplikasi juga tidak menurun. Cara terakhir yang akan diulas kali ini adalah dengan melakukan reset pada laptop. Ha l ini, jika beberapa cara di atas tidak manjur untuk dilakukan. Karena mungkin sudah saking lamanya laptop digunakan dan masalah yang dialami terlalu parah. Dengan melakukan reset, maka laptop akan kembali pada setelan pabrik dan bersih kembali dengan aplikasi juga sampah di dalamnya. Namun perlu diperhatikan, bahwa mereset maka akan kehilangan semua data yang ada di dalamnya. Jadi, bisa pindahkan terlebih dulu. Demikian adalah beberapa Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 yang bisa coba pengguna praktekkan. Namun sebelumnya pengguna bisa pahami terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab laptop lemot. Sehingga bisa memutuskan cara tepat untuk mengatasinya.

No comments:

Post a Comment

Restoran Ikan Bakar Terbaik di Bali

P. Kobeng juga menyediakan menu sate ikan tuna yang lezat dengan harga sekitar Rp 26.000-an. Jika Anda sedang mencari resto yang menyajikan ...