Monday, January 9, 2023

Cara Mengatasi Laptop Lemot, Praktis bisa Dilakukan Sendiri

%Cara Flash Oppo A15%Lantas bagaimana cara mengatasi laptop lemot? Kondisi laptop lemot membuat pekerjaan jadi menumpuk dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya. Laptop lemot merupakan masalah yang paling sering kita jumpai. Penyebabnya pun beragam bisa saja kita sebagai pengguna yang salah, software maupun hardware dari laptop perlu diganti, atau virus. Sebagai pengguna kita juga sebaiknya memperhatikan kapasitas laptop kita jangan sampai pemakaian melebihi dari kapasitas karena bisa menimbulkan masalah yang lebih parah. Berikut adalah cara mengatasi laptop lemot dari rumah. Cara mengatasi laptop lemot yang pertama kita harus mengetahui penyebabnya lebih dulu agar lebih mudah mengatasinya. Meskipun kita bukan seseorang yang ahli di bidang komputer, kita tetap harus mengecek kondisi laptop kita sendiri. Kamu bisa mulai memeriksa kerusakan di bagian softw are hingga hardware. Scan laptop dengan anti virus, kamu bisa menggunakan aplikasi antivirus yang sudah kamu pasang di laptop. Periksa usia hardisk, kamu bisa menggunakan Windows CHKDSK Tool, windows bawaan yang akan memindai disk kamu. Hardisk ini akan membantumu untuk melihat kesehatan atau memindai masalah yang mungkin terdapat di hardisk. Setelah melakukan langkah-langkah yang dijelaskan di poin pertama di atas. Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya ialah cek kembali performa laptop kamu. Kalau masih lemot, ini menunjukkan adanya indikasi kamu harus ganti hardisk baru dan upgrade RAM. Selain arahan mengganti hardisk dan mengupgrade RAM. Kamu perlu memperhatikan aplikasi yang terpasang di laptop. Berlebihan dalam menginstal aplikasi bisa menyebabkan laptop lemot. Selain itu apabila kamu menginstal software yang kapasitasnya besar seperti software editing foto atau video, ini bisa mengurangi kapasitas RAM.

File sampah tentu tidak hanya dari update saja, aktivitas browsing juga akan meninggalkan sampah. Jika sampah ini terus menumpuk, maka akan berpengaruh ke kinerja laptop yang semakin lambat. Maka kita perlu secara rutin membersihkan sampah ini secara manual. Untuk membersihkan file sampah atau junk secara tuntas di Windows 10, berikut ini caranya. R pada keyboard untuk membuka jendela Run. Kemudian ketik temp dan klik Ok. Lalu hapus semua file dan folder yang muncul. R pada keyboard untuk membuka jendela Run. Lalu ketik %temp% dan klik Ok. Lalu hapus semua file yang ada di folder %temp%. R pada keyboard untuk membuka jendela Run. Lalu ketik prefetch dan klik Ok. Hapus semua file yang ada di folder prefetch. Hapus semua file di folder tersebut. File-file sampah yang sudah dihapus tadi tidak sepenuhnya terhapus karena akan masuk ke folder recycle bin. Yang artinya masih ada di dalam laptop. Untuk menghapus secara permanen, klik kanan recycle bin dan klik empty recycle bin. Itulah beberapa cara mengatasi laptop lemot untuk semua merk seperti Asus, Len ovo, Dell, Acer dan lainnya. Jika cara-cara di atas sudah dilakukan tetapi laptop masih saja lemot, kami menyarankan untuk membawanya ke tempat servis. Karena ada sebagian kasus, laptop yang lemot disebabkan oleh prosesor dan motherboard yang turun performanya. Dan itu membutuhkan teknisi untuk mengatasinya.

Setiap saat selesai menggunakan kita pastikan akan menutup laptop, entah itu shutdown atau sleep. Sedangkan restart biasanya dilakukan jika kita merasa kinerja laptop mulai melambat, menginstall aplikasi dan melakukan perubahan tertentu sehingga sistem operasi menyarankan kita untuk menghidupkan kembali.Sebenarnya sudah setahun saya menggunakan windows 10, hanya saja kemarin ingin menyicipi Linux selama 3 bulan dan sekarang balik lagi menggunakan Windows 10. Nah sekarang saya mengalami masalah laptop kadang-kadang susah untuk di shutdown bahkan sleep tidak mau sama sekali. Bagi kalian yang juga mengalami masalah serupa semoga cara yang saya gunakan dapat membantu. Bagaiman a Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Shutdown, Sleep dan Restart Pada Windows 10? Saya menggunakan laptop Asus, mungkin saja di laptop Anda tidak bekerja jadi coba saja masuk ke forum-forum dengan type laptop yang sesuai. 1. Buka Device Manager, bisa melalui pencarian atau lewat control panel. 2. Setelah terbuka cari System devices kemudian akan muncul list yang banyak cari Intel Management Engine Interface, setelah itu klik kanan kemudian disable. 3. Sekarang coba restart dan lakukan shutdown. Mode sleep memang sangat berguna saat kita meninggalkan laptop beberapa saat, fitur ini sangat saya perlukan mengingat setiap hari menggunakan laptop untuk bekerja.

Pada dasarnya laptop/komputer memerlukan perawatan rutin agar tidak lemot,hanya saja kebanyakan pengguna tidak tau bagaimana cara merawat komputernya sendiri.Disini akan saya jelaskan sebab dan cara mengatasi laptop dan komputer lemot,tidak usa kuatir jika tidak familier dengan setting-setting di komputer,karena penjelasan nya lengkap dengan gambar dan mudah diikuti, jadi perawatan bisa kamu lakukan sendiri kapanpun tanpa harus membawanya ke bengkel. Penyebab komputer /laptop yang mulai lemot bisa karena hardware atau software. Kondisi hardware yang kita miliki juga sangat berpengaruh,karena hardware adalah tempat aplikasi berjalan dan bekerja,umur hardware akan sangat tergantung dari porsi penggunaan komputer/laptop.misal laptop/komputer untuk gaming umurnya akan lebih pendek karena overheat jika tidak dirawat dengan baik. Ketika aplikasi bekerja,biasanya akan membuat file temporary untuk menyinpan hasil kerja secara sementara,tetapi kadang file temporary ini tidak dihapus secara sempurna ketika aplikasi selesai bekerja,file ini bisa sangat besar jika tidak dibersihkan secara berkala dan menjadi file sampah (junk file).junk file yang terlalu besar akan menguras resource storage dan menjadikan komputer lemot.

Bagaimana cara mengatasi laptop blank putih dengan mudah. Salah satu trik agar laptop awet adalah dengan menggunakannya dengan benar atau tidak selalu menggunakannya. Selain itu, melepas charger saat laptop sudah terisi penuh adalah hal yang tepat untuk dilakukan agar laptop tidak cepat rusak. Karena jika tidak dicabut, akan menimbulkan arus listrik yang kuat dan sangat berbahaya. Ada banyak tips untuk mencegah laptop rusak sebelum waktunya. Laptop rusak sebenarnya masuk akal karena laptop adalah produk elektronik. Namun, jika pengguna membersihkan layar laptop secara rutin akan membuat tidak cepat rusak. Hal ini dikarenakan layar laptop yang rusak memiliki garis-garis mengganggu yang dapat membuat layar menjadi putih. Pengguna tidak dapat mengontrol laptop saat layar blank. Ketika layar blank tidak ada yang bisa dilihat atau diklik, jadi pengguna tidak bisa melakukan apa pun di laptop. Opsi pertama adalah memaksa restart laptop. Ketika layar laptop kosong, pengguna tidak dapat secara otomatis masuk ke Windows dan memulai ulang melalui sistem. Jadi harus paksa restart de ngan menekan tombol power pada laptop beberapa saat.

No comments:

Post a Comment

Everything you Need to Know about Opus Plasma Skin Resurfacing

 The HydraFacial treatment is designed for all skin types. The numbed area will feel hot for about an hour during and after the treatment is...